Ngumpul bareng temen itu yah ngobrol, bukan main hp. ups,

by - 11.03




Gua pulang kerumah nih, tadi habis dari luar kumpul bareng teman lama. Mereka sebut quality time, katanya udah lama gak ngumpul sekalian ngerayain si anu ulangtahun. Tapi pas pulang samar samar pikiran gua bersuara, “ tadi gua ngumpul ngapain sih”

Gua udah lama banget menyimpan keresahan ini sendiri atau mungkin gua terlalu menganggap hal ini serius. Tapi, buat gua ngumpul bareng adalah hal momentum yang berarti. Apalagi, ngumpulnya sama teman geng yang dulu susah,sedih sampe ngakak bareng bareng. Coba bayangkan, bagaimana kalau pertemuan itu adalah pertemuan terakhir kita, sedangkan kita tak gunakan waktunya dengan maksimal.

Jadi gini, gua punya geng. Kita jarang ketemuan sapa hi di socmed juga jarang. Pas punya waktu ngumpul, mereka kadang suka lupa lagi ngumpul. Jadi malah main hp. 

Pada malam itu, Gua menegur mereka, eh jangan main hp dong. ada yang jawab “ yah gua kan sambil nunggu makanan datang nar”. Dengar jawabannya cukup buat gua terkejut, rasa ingin meneguk air putih sedikit tapi pesanan belum sampai. Gua jawab dengan tegas bagaikan orang yang akhlaknya udah bener “ ini nih, kebiasaan people jaman now. Keseringan main hp jadi susah berkomunikasi, pas ngumpul bareng gatau deh mau ngomong apa”  gua ucapkan kalimat itu tanpa ragu di bumbui dengan ketawa kecil biar tidak terlalu menyinggung perasaan.

Main hp pas ngumpul yah boleh boleh aja. Tapi jangan sampe lu asyik sendiri sama hp lu.

Tunggu, apa ini salah gua yang hp nya gak terlalu canggih, salah gua yang gak terlalu terkenal di instagram, mungkin memang benar salah gua juga yang group chat di linenya ga seseru puya mereka. sehinnga gua suka uring uringan sendiri, nyuruh mereka taro hp ditas.

Tapi, oh itu tidak benar. Hp gua udah cukup canggih kok. Gua menghargai arti quality time bareng teman dibanding pegang hp, buat gua berkomunikasi langsung dengan manusia aseli lebih asik dibanding lewat chat. Apalagi, ngumpulnya sama teman geng yang dulu susah,sedih sampe ngakak bareng bareng.  

Seharusnya setiap perkumpulan meninggalkan sebuah kesan, tapi beberapa kali setelah pulang dari pertemuan gua merasa menyesal. Sorry to say, memang itu yang gua rasain. Daripada ngumpul bareng yang ujungnya satu meja megang hp, gua lebih baik dirumah ngerjain tugas atau streaming movie sambil nyemil keripik rasa jagung favorite.

Tapi gua gak gitu kan. Gua tetep ayok kalau diajak ngumpul. Itu karena, you mean so much to me. Gua takut nantinya kalau gua gak bawel buat ingetin kalian untuk gak main hp pas ngumpul, Quality time kita gak berkualitas dan tak berkesan pula. Hingga lambat laun yang lain juga ikutan mikir kayak gua “Daripada ngumpul bareng yang ujungnya satu meja megang hp, gua lebih baik dirumah ngerjain tugas atau streaming movie sambil nyemil keripik rasa jagung favorite”.

Iyah gua mengerti kita jarang ngumpul bareng, bikin kita sendiri bingung mau bangun topic apa pas ngumpul, mau Tanya kabar kayaknya basi banget. Tapi, dengan lu main hp. Situasi juga gak membaik.

Jujur gua sedih dan sangat menyayangkan ketika kecanggihan internet mempengaruhi hidup seseorang sangat banyak, berasa semua hidup lu ada dalam satu layar itu. sampai -sampai lu lupa kapan waktunya berhenti. Gua gak perduli seberapa asyik games yang lu mainkan, seberapa terkenalnya lu di instagram, atau seberapa serunya group chat lu di line. Kalau udah ngumpul, duduk satu meja bareng teman. Please, stop.

Main hp pas ngumpul yah boleh boleh aja. Tapi jangan sampe lu asyik sendiri sama hp lu.

Bukan berarti gua berkata seperti itu, gua gak pernah main hp pas ngumpul. Oh gua sering kok, kayak poto selfie bareng, boomerang bareng, gosipin temen yang di socmed bareng semua itu kan butuh hp. Tapi gua gak asyik sendiri.

Kalo memang gua asyik sendiri, tegurlah gua. Mungkin gua sedang khilaf.

Pesan ini ditulis
untuk kalian yang sering asyik sendiri main hp pas ngumpul. 

You May Also Like

6 komentar

  1. wah sayang sekali ya, padahal kesempatan untuk kumpul-kumpul bersama teman lama itu amat langka di era now.

    aku pribadi biasanya kalau ngumpul sama teman-teman pada sadar diri sih. kalau ada yang ngomong ya dengerin. soalnya udah lama gak ketemu sih, jadi banyak banget obrolan dan nostalgia seru yang kudu dibahas. terutama gosip-gosip seputar teman-teman yang menikah lah, yang punya anak lah.

    Mungkin karena faktor usia juga sih ya, jadi bisa lebih menghargai sesama. toh kalau harus megang hp juga paling sekilas atau ada panggilan yang penting banget. soalnya resikonya ketinggalan jalan cerita yang lagi seru.

    sebenernya solusinya kalau udah gitu, mending bangun topik obrolan yang menarik sih. biar mereka tertarik nimbrung atau mendengarkan.

    Kadang emang kudu sadar diri, mungkin kitanya yang terlalu membosankan untuk didengar atau suasana yang terlalu canggung, sehingga biar gak mati gaya, ya main hp. Pasti pernah ada di posisi begitu, ya kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kita beda generasi ka :( hahaha... terkadang aku juga yang sering buka topik, tapi mungkin benar mungkin aku yang membosankan. huaa kok sedih yah

      Hapus
  2. yap, ini keresahan gue juga. Gara2 teknologi + internet, setiap perkumpulan jadi kurang kerasa esensinya. Setiap pertemuan seharusnya meninggalkan story, bukan dimobilisasi oleh instastory.

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang orang pada sibuk bikin instastory padahal ada orang orang terdekatnya nunggu story dari dia. hmmmmmm

      Hapus
  3. Hihi sekarang kita memang ga bisa eh susah lepas dari yang namanya gadget, apalagi handphone, jadi saat ngumpul dengan teman-teman pun biasanya asik sendiri dengan gadget masing-masing^_^

    BalasHapus

ayo berikan komentar :)