Aku dulu tidak bisa bergaul.

by - 15.54



“ nar, kok elu beda sih sekarang?”

Sebenarnya gua gatau harus kasih respond apa buat teman teman gua yang selalu bilang gitu, kebanyakan dari mereka yah emang orang orang yang udah kenal gua dari zaman zaman sebelum gua berubah seperti ini.

Gua ini orang yang percaya dirinya tipis setipis kertas yang saking tipisnya bisa dipake nerawang langit. Ibarat makanan kalo digigit kriuk banget 

Tepatnya dizaman gua masih duduk dibangku SMP. Dulu, gua gak ngerti caranya punya teman dan caranya berteman, se-punya punyanya gua teman kala itu, karna dia yang deketin gua duluan dan emang berniat berteman sama gua.

Gua lebih menutup diri ketimbang haha hihi sama yang lain. Bukan Karena gua gak mau tapi… karena gua bingung caranya gimana. Gua terlalu kaku lebih kaku dibanding kanebo kering. Gua benci kalo kelas gak ada guru. sedangkan, yang lain bahagia bukan main. 

Lu gak pernah ngerasain kan, rasanya duduk sendirian sambil pura pura baca buku, agar yang lain tau kalau walau gua sendiri gua tetep baik baik aja nikmatin buku pelajaran yang indah ini. Bayangkan kalau guru gak hadir dari jam pertama masuk kelas sampe kelas selesai, gua pura pura baca bukunya kelamaan cuy. Padahal tuh buku juga kagak gua baca cuy. Pura pura baik baik aja itu butuh energy.

Ketika gua mulai pura pura sibuk baca buku. doa gua kala itu cuman satu “ kapan penderitaan ini selesai”. 

Gua menghitung tahun,bulan,hari, menghitung berapa lama lagi gua di sekolah ini, berapa lama lagi gua harus berpura pura. Belom lagi kalau ada tugas sekolah bikin kelompok. Untungnya teman sebangku gua namanya Dita , dia selalu baik mau ngajak gua sekelompok sama dia. Alhamdulillah

Gua gak bilang kalo gua gak punya teman, tapi kebanyakan yah itu gua sendirian gak punya geng. Sekalinya gua punya teman. Teman gua gak sekelas.

Percayalah gua gak pernah punya poto alay zaman SMP jangankan poto alay, yang normal aja gua gakpunya . se-punya punyanya poto itu adalah poto kelas bareng bareng.

Ketika jamannya kelas 3 SMP mulai dimana yang lain cinta cintaan, pacaran, suka sukaan, kagum kaguman, mulai genit sama cowo. Well, kalau gua boro boro kayak gitu. Tapi walau bagaimanapun gua juga perempuan suka sama lawan jenis itu normal, balik lagi dengan masalah percaya diri gua yang tipis itu. Gua selalu bilang sama diri gua sendiri ketika gua pernah suka sama seseorang . “ ah apaan sih gua ini suka sama dia, dia itu terkenal temennya banyak. Lah gua mah jelek, gendut, hitam, jerawatan yailah diinget juga enggak bakal, siapa yang mau sama gua deket aja enggak , gua kan hitam dan jelek dan gendut”

Iyah benar, gua hitam dan jelek. Gua selalu bilang kayak gitu.

Buat orang kayak gua, jalan dari masuk gerbang sekolah sampe menuju kelas adalah rintangan yang  sulit. Gua harus ngelewatin anak kelasan yang lain, yang lagi nongkrong haha hihi dikoridor bareng temen temen, terus gua jalan sendirian sambil nunduk meluk buku paket tiga buah buat pura pura dibaca sebelum bel masuk. Dari kelas A-J dan kelas gua di J berasa jauuuuh banget jalan. Gua lebih suka datang pagi pagi. Sekolah masih sepi. Tapi gak jarang juga gua telat.

Itulah sedikit cerita masa smp gua, kemudian hari yang telah gua tunggu berbulan bulan lamanya datang. Yaitu hari gua lulus dari SMP itu dan memasuki sekolah baru.

Gua menjadi murid kelas 1 smk disekolah yang baru, dikelas yang baru, teman teman yang baru. Disini gak ada yang kenal gua, ini saatnya gua memulai sebuah cerita yang baru. Sebelum memasuki sekolah baru, didepan gerbang sekolah gua menghirup napas dalem dalem, tak lupa juga gua keluarkan sambil tersenyum, memegang erat erat tali tas punggung yang baru dan seluruh baju seragam baru. 

Berkata, “ disini gua harus punya teman”.

Gua masuk kelas sambil senyum senyum, gua duduk dibangku sambil bertanya “ disini ada orangnya gak ? gua boleh duduk disini?”

“ gak ada, boleh kok”

Kemudian gua duduk, terus gua julurkan tangan gua sama orang yang duduk disamping gua

 “ hai nama lu siapa ? Gua dinar”

Buat beberapa orang hal itu bukan apa apa. Tapi, menjulurkan tangan sambil memperkenalkan diri adalah suatu langkah besar buat gua, tangan gua sampai bergetar terasa dingin. Itu adalah kata kata yang udah gua persiapin dari rumah, gua mau bilang apa , gua mau nanya apa, topic apa yang harus gua timbulkan. Ketahuilah, itu semua adalah kata kata yang udah gua susun dan persiapkan secara rapih dirumah. 

Untuk punya teman gua harus berusaha keras sedang yang lain sangat mudah.

Apa apa yang mudah bagimu, bukan berarti mudah bagi yang lain - quote  

Dan tadaaaa disitulah awal mula dimana gua mulai mau belajar bergaul dan push diri gua buat terus dan terus menjadi lebih baik.

Disinilah pertama kalinya gua merasakan ngakak bareng teman teman itu asik, gak usah pusing mikirin dengan siapa lu dapet kelompok kalau lagi disuru buat kelompok belajar.

karena Lu punya geng nar, ajaib kan. 

Cerita masa smk ini bakalan panjang kalau harus diceritain, kesimpulannya disekolah ini gua punya teman dan para sahabat.

Daaaaaan lembaran demi lembaran cerita di masa smk seperti, gua belajar bergaul, gua berubah, gua bersosialisasi, gua punya geng dan semuanya telah gua lalui dengan perasaan bahagia tanpa harus  ada adegan berpura pura baca buku atau jalan nunduk.

Sisi ketidak percayaan diri gua dan sulitnya gua bersosialisasi dengan orang lain itu masih ada dan mungkin memang itulah gua. Bedanya sekarang, gua mulai terbiasa mengatasi kelemahan gua ini.

gua masih terus mau berubah menjadi manusia yang memiliki pribadi yang lebih baik lagi qualitasnya, masih mau terus berusaha mengatasi kelemahan kelemahan yang banyak dalam diri gua ini.

iyah, gua sadar. gua orang yang kurang tanggap. tapi, bagaimanapun juga gua harus bangga sama diri gua, karena mau berusaha berubah walau progressnya pelan. gak bisa dibayangkan kalau saat itu, gua gak punya keberanian yang cukup untuk berubah. mungkin gua yang sekarang akan sama seperti gua yang dulu. mati dalam kesendirian.

Sekarang gua udah kuliah semester akhir Kalau gua tengok lagi kebelakang. Wah, ternyata cukup jauh gua berubah. Gak heran kalau yang pernah kenal gua dulu bilang.

“ nar, lu sekarang berubah yah”

well, yes I am.





You May Also Like

0 komentar

ayo berikan komentar :)