anak kuliahan lagi nyari uang.

by - 23.42

Hasil gambar untuk recehan
google

Sebagai mahasiswi tingkat bentar lagi lulus yang gak punya kerjaan partime, Dengan uang jajan yang gak banyak  tapi memiliki kebutuhan gengsi social cukup tinggi . well,  Karena itu gua terdesak  harus mencari se-onggok  receh demi memenuhi kehidupan socialita di 
jaman milenial ini . #semangatmilenial

Diawali dengan menjual jilbab jilbab cantik di kelas yang kejayaannya tak memiliki jangka panjang. Gua harus mencari alternative lain, padahal keuntungan jual jilbab ini lumayan guys.  Tadinya gua mau invest semua uang tabungan gua buat bisnis ini, tapi ketika gua melihat kondisi dan pasar yang gua lihat saat itu kayaknya bahaya kalo gua lanjutin, secara saat itu juga niat gua belum kuadh, pokoknya gak sekuadh angin yang berhembus dimalam hari . ha ha
 
Kalo kamu melakukan bisnis tanpa memikirkan segala aspek perbisnisan, mungkin bisnis kamu hanya didasari nafsu belaka . that is my opinion,  yah gua sih sok tau aja, tapi kayak bener juga omongan gua.

Contohnya mental , untuk bisnis itu mental kamu harus kuadh .

kayak gua jualan kerudung dikelas, butuh skill untuk menjawab segala pertanyaan  atau complain dari konsumen mengenai barang .

“ ah, nar bahannya tipis amat”

“ yailaaah mahal amat, bisa ditawar gak nih”

“ nar gua ambil 4 yah, tapi ngutang boleh gak ?”

Rasain deh rasanya dikomplain sama temen sendiri ketimbang sama orang lain. Yang ini rasa emotionalnya lebih kerasa dan lebih menantang. Tapi itu emang udah resiko sebagai penjual lo gak boleh marah.

Tapi beda kalo jualan online. Untuk online yang harus pertama kali  lu fokuskan adalah bagaimana caranya keberadaan lu terlihat sama orang. Istilahnya kalo diinstagram yah minimal punya 3000 followers . kebetulan selain mahasiswi gua juga mba mba olshop. Tapi malas. Jadi ke-famous-an akun gua terhambat. Malah sekarang lagi off . luarbiasaaa

Setelah menghabiskan uang keuntungan dari jualan jilbab untuk makan indomie di restoran mahal. Gua kehabisan uang untuk modal beli barang akhirnya gua berhenti jualan jilbab .

uangnya abis cuma buat foya foya makan indomie direstoran mahal . mahal banget mie nya.

entah bagaimana ujug ujug gua udah nongkrong didepan tukang pulsa terus pura pura beli pulsa yang goceng aja. sambil beli, gua ngobrol dah tuh sama si abang nanyain kira kira memungkinkan tidak yah kalo gua jualan pulsa dari doi. Eh karena kebetulan abangnya baik yaudah deh kita temenan sekarang.

Ini udah memasuki hampir setengah tahun gua mulai jualan pulsa di kampus. Awal jualan udah pasti gua semangat dong, secara yang namanya mengawali harus dengan rasa semangat pamali kalo enggak. 

Pertama  tama gua jual dulu keteman dekat, kebetulan gua juga malu mau nge chat ke grup kelas buat sekedar mengumumkan bahwa diri ini sekarang jualan pulsa, karena bantuan teman gua akhirnya anak kelas tau yang jualan pulsa itu gua . hahaha …

Seperti yang gua bilang, awal awalnya sih semangat sampe kesini sini rasanya jualan pulsa engap bos . keuntungannya gak seberapa yang ngutangnya banyak. Apalagi kalo yang jualnya keteman kelas pasti  ada aja rasa gak-enak-kan akhirnya ga ditagih dan yang punya utang  juga lupa punya utang. Kalo kaya gitu sih yah udah bangkrut deh . tapi gua sih enggak .

Dari jualan pulsa gua ngerasa jadi orang kaya yang sering diutangin sama orang. Setiap hari gua harus siap siaga buat nagihin utang anak anak kelas . paling enak kalo udah selesai kelas langsung berdiri didepan pintu sambil bawa kalkulator nagihin utang .  Seru seru menderita gitu .

“ hai teman teman besok jangan lupa yah bawa uang pulsa “

“ yah nar boleh gak bayarnya abis gajian gua lagi kena masalah , gua ga megang uang sekarang “

“ nar maaf nih aku boleh ga bayarnya tgl segini , keluarga aku lagi ada masalah “

Biasanya kalo yang ngutangnya udah parah sih gua sering sms.in. apalagi kalo yang punya utang tapi kayak orang gak punya . kan shit

Kalo bahasa kasarnya sih. Yah gua bodo amat gitu sama masalah pribadi lu, kenapa harus gua yang nanggung . masalahnya gua juga kan butuh. Lagian kalo ga bisa bayar yah kenapa harus beli .

Tapi sebagai teman yang baik gua suka ngasih waktu kemereka untuk bayar . yah berfikir positive aja mungkin emang mereka lagi dalam kondisi susah. anggap aja amal lantaran jaman sekarang yang namanya pulsa buat kuota internet itu udah kudu banget, kaya kebutuhan kedua selain nafas.

terus yang paling suka bikin mengiris hati kalo ada yang ngomong. 

"yailah 10.000 doang nar "

yah kamu pikirin aja kalo yang ngutangnya 20 orang dan semuanya ngomong kaya gitu. yah amsyong dah eyke. dipikir yang ngutang situ doang. banyak mbak :'(

eh tapi, gua gak pernah merasa keberatan kalau emang temen gue mau ngutang, biasanya mereka bilang dulu baik baik dan gue fine fine aja kok.  gua kan ibu peri. yah emang sih ada juga yang kadang bikin gua sebel. 

eh tapi ..

bukan kamu kok . bukan 

tenang aja. 

Dari yang gakpernah ngobrol sama sekali, akhirnya ngobrol cuman beli pulsa doang.
rumayanlah walau hubungan kita cuman sekedar tukang pulsa dan pembeli, at least sebelum lulus gua udah pernah ngobrol sama satukelas . karena kalo melihat kondisi kelas yang orang orangnya gadeket sama satu kelas. bisa dibilang kami main berkubulah, jadi gue suka seneng ajah kalo di chat sama orang yang gadeket dikelas.

yah walau cuman beli pulsa.

walau ngutang juga haha ..

Dari jualan pulsa juga gua tau ternyata temen temen gua menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli paket kuota internet,  yang sebulan bisa dua atau tiga ratus ribu rupiah itu kalo dia jomblo . yah kalo punya pacar pulsanya lebih cepat lagi abis.jujur gua ga terlalu seneng sih mengetahui hal ini. Gua merasa kasian uang jajannya abis cuman buat beli paket internet ,  kenapa sih gua harus risau yah mungkin mereka mampu untuk membeli yang pentingkan gak ngutang. Iya juga sih

Kalo diingat ingat gua sendiri lupa kapan terakhir kali gua beli paket kuota internet. Mungkin awal awal masuk kampus kali yah hahahah …

Gua emang pake wifi dirumah tapi biayanya gak sampe semahal itu .

Gua juga main cashtree, applikasi gratis buat dapetin pulsa . miris gak tuh kang pulsa tapi masih nyari pulsa gratis juga . mantap bosQ

#salamkangpulsa



You May Also Like

3 komentar

  1. wahahah, balada anak kuliah yang butuh jajan. Gue juga punya usaha online, dan benar bangt kalau di Instagram salah satu identitas yang baik adalah jumlah follower yang banyak. Tapi hal tersebut nggak menjamin jumlah pembelian sih.. banyak juga temen gue yang jualan pulsa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kalo followernya beli mah engga ngaruh ka wkwk ... tukang pulsa every where

      Hapus
  2. Ahay bener banget ini sebelas dua belas kayak pengalaman temanku yang jualan pulsa.
    jadi kalo ada orang nanya "eh si A kemana ya ?" "o maksud lu yang tukang pulsa? noh di pojokan orangnya"

    dan sampe sekarang dia dipanggilnya tukang pulsa padahal udah ga jual pulsa lagi.

    Emang kalo tukang pulsa mah kudu berani segala hal sala satunya berani nagih utang. mungkin itu hal yang membuatku ga mau jual pulsa karna aku orang takut nagi utang :(

    mungkinkah teh Dinar punya trik and trips cara menagi utang yang manjur ?

    BalasHapus

ayo berikan komentar :)