Gak gampang jadi pendengar baik curhatannya si Mbak.

by - 16.46

Sekitar 2 bulan yang lalu nyokap gue mencari asisten rumah tangga yang bisa bantu bantu pekerjaan  rumah.

Kemudian singkat cerita, pokoknya ini ceritanya gua singkat singkatin biar kagak kepanjangan.  Datanglah si mbak mawar. (Sebut aja dia mawar ) Awal mula si mbak mawar bisa datang kerumah gua karena dianterin sama kenalan mamah yang dulu pernah kerja juga dirumah. biasa gua panggil si ibu. Tadinya mamah minta siibu yag kerja disini tapi karena suatu hal si ibu gabisa dan dia menawarkan gantinya yaitu si mbak mawar ini .

Si mbak mawar ini hobby banget cerita, dia suka bercerita tentang hidupnya yang katanya si mbak ini punya  anak satu tapi dengan suaminya sudah bercerai . jadi selama ia bekerja anaknya dititipin ke adeknya si mbak .

katanya adeknya ini jahat uang hasil kerja yang selama ini dia kumpulin buat anaknya malah dipake buat kebutuhan adeknya sendiri , motor yang dia belikan buat anaknya malah dipake sama si suami adeknya si mbak ini .

“ neng, adek saya mah jahat , ngomongnya suka kasar sama saya , saya mah gasuka . kasian anak saya gak diperhatiin . gara gara dia akhirnya anak saya sering dibawa ke gereja “
“ oh gitu yah mba “
“ iyah neng , ih jahat banget tuh orang “
“ kok jahat yah mba “
“ iyah jahat tuh orang kesel saya , uang saya malah dipake sama dia, motornya yang ku beliin buat anak saya si billy malah dipake sama dia , anak saya dikasih yang butut”
“  jahat yah mba “
“  neng, adek saya mah jahat , ngomongnya suka kasar sama saya , saya mah gasuka . kasian anak saya gak diperhatiin”
“ hmmm iyah mba jahat yah “
“ iyah neng jahat blab la bla “

Si mbak mawar ini kalo udah ngobrol susah berhenti, trus  ceritanya suka mengulang kalimat yang sama. Gua sebagai partner yang mendengarkan yah paling respon seadanya aja , sesekali penasaran apa kelanjutannya .

si mbak pernah cerita dia abis kabur dari rumah majikannya yang dulu , di Arab kalo gak salah . Katanya sudah lama tidak mendapat gaji akhirnya ia nekat kabur pulang ke Indonesia . Setiap orang yang di certain gitu pasti punya perspective yag sama dengan gua, kayak  “ ih kasian  yah , jahat banget sih orang , kenapa ga di bayar itukan hak dia, kasian si mbak badannya kurus “

tapi setelah gua mengenal ia selama kurang lebih dua bulan ini . gua jadi merubah pandangan gua dan berfikir “ ooohhh pantesan gak dibayar  ternyata … hmmm… “  . mbak mawar ini sebenarnya orang baik dan jujur.  Tapi emang ada beberapa sikap yang suka bikin kesel tak tertahankan.

Contohnya beberapa peralatan rumah yang rusak seperti kompor gas yang gatau dapat ide darimana, sama dia tuh kompor gas dicuci pake sabun yah akhirnya rusak apinya tidak menyala dengan baik,  yg kedua mesin cuci ikut ikutan rusak eh, ternyata ada baju keselip didalam mesin jadinya rusak. Gua emang gak beli tuh perabotan tapi mamah gua yang beli, tapi juga nih yahhh  emak gua marahnya kegua, lah gua juga kagak tau ngapa dah. Huft
Orangnya si rajin saking rajinnya halaman rumah orang ikut dibersihin juga padahal tugas pokoknya belum selesai. Dan beberapa tingkah yang gua sendiri sulit menjelaskan hahahah

                                                                      ------


“ mbak mamah udah pulang belum ?”
“ udah neng tuh di meja udah saya goreng “
“ mamah udah pulang belum mba ?”
“ iya tuh di meja neng udah saya goreng lauknya “
“ mamah mba “
“ seadanya aja neng tadi ada ikan yah saya goreng aja “
“ mamah ku di goreng mba :’( “
“ oh ibu belum pulang neng, gatau tuh biasanya dah pulang “

Mbak mawar sepertinya punya masalah dalam pendengaran juga, jadi kadang harus jelas ucapannya. kalo gak nanti dia jadi bingung , dia bingung yah gua juga ikutan bingung . untungnya keluarga gua bukan orang orang yang terlalu ambil hati gitu paling nyokap gua yang kesel ngedumel tiap hari ke gua . gua jadi pelampiasan guys .

Ditekankan sekali lagi si mbak ini emang orang baik cuman dia punya kekurangan yang bikin orang lain jadi kesel . kebetulan nyokap gua pake asisten mungkin sampe lebaran aja. Gua gatau alasan pastinya kenapa. tapi bisa jadi karena kurang cocok sama si mbak atau emang ada masalah keuangan .
Kalau emang gak cocok dan nyokap gua mau mencari pengganti lagi, jujur hati kecil gua nolak karena gua udah males kalo harus beradaptasi dengan orang baru lagi .

Sore hari itu si mbak cerita sama gua, kali ini ceritanya beda gak itu itu mulu . biasanya mah yang itu itu juga, lagi dijalan pulang nganterin si mbak kerumahnya karena pekerjaannya dirumah gua udah selesai .

“ neng mba tuh dulu mau pulang ke Indonesia susah harus ngumpet ngumpet “
“ kenapa emang mbak “
“ yah gak punya passport “
“ kok bisa gak punya, emang gak diurusin sama agen “
“  yah neng biasa lah ada orang ga bener. Mba waktu itu nginep dulu di hutan nunggu kapal sampe 5 hari waktu itu , eh tapi kalo saya mah 3 hari sih . saya hampir mau tenggelem neng, waktu itu mau naik kapal disuru maju maju eh kapalnya malah maju duluan  yah saya tenggelem neng udah sampe leher airnya , saya pegangan aja yang kuat “

“ sendirian mba ?”
“ yah ada temennya si banyak “

tadinya gua mau bilang " asik dong mbak banyak temennya ngobrol "
karena yang gua liat simbak ini seneng yang namanya ngobrol, bisa diliat dari cara dia ngobrol ke gua tapi tampaknya ia tidak cukup punya banyak kenalan, kan kasian.

yah tapi masa iyah gua bilang asik pada situasi yang lagi menyedihkan gitu .

( tapi jahatnya gua kadang suka gak percaya sama cerita dia . gua jahat banget sih :'(  .
kayak contoh cerita adeknya yang jahat, apa mungkin adeknya jahat karena dia juga suka ngeselin kali hahha .. yah gatau juga sih )

Si mbak ini suka kebiasaan kalo mau cerita lagi dijalan mau pulang  pasti ceritanya mepet mepet pas udah mau deket ketempat tujuan, udah tau dia kalo cerita gak pernah sebentar. alhasil gua harus pelan pelan bawa motornya sambil nunggu dia selesai cerita . eh tapi gak selesai selesai :’(

Gua cuman bisa bantu doa yah semoga aja si mba mawar ini selalu bersama orang orang yang baik, kalo nanti dapet boss, bossnya juga baik biar kekurangan dan kelemahan si mba gak dimanfaatin sama orang jahat. Karena sebetulnya si mbak ini orang baik, jujur pula.

dari cerita si mbak gua menangkap beberapa pelajaran hidup. Gua seharusnya bersyukur karena keberuntungan gak semuanya dimiliki orang begitu juga dengan nasib baik. kadang gua yang udah alamdulillah tercukupi masih suka ga bersyukur, kadang kesel cuma gara gara ga dikasih uang buat beli roti mawar yang enak .

duh nar .


yah tapi teteup sih si mbak suka ngeselin  hahaha ..



You May Also Like

0 komentar

ayo berikan komentar :)