( obsessive compulsive Disorder ) Mau gila rasanya

by - 23.49


gambar dari google  


Tadinya aku bingung harus bertanya pada siapa dan apa yang harus aku tanyakan darimana aku harus mulai . jika akupun tak tahu betul apa masalahnya bagaimana aku bisa menceritakan hal ini pada orang lain mereka pasti sulit mengerti juga .
kemudian seperti menemukan jawaban ketika aku membaca beberapa artikel yang setiap isinya terasa benar dan akupun membenarkannya tapi hati mencoba tidak ingin mengakuinya ,

" itu bukan aku , aku gak kaya gitu , gak mungkin haha ha"

salah satu yang aku baca ( artikel ini  ) kamu bisa klik artikel itu biar kamu paham apa yang lagi aku omongin .

Aku memang gak bisa berasumsi seratus persen bahwa aku memiliki ocd ini. Tapi aku hanya merasa apa yang di tulis artikel tersebut memang hampir terasa benar, maka dari itu aku tidak ingin yakin sepenuhnya karena aku tidak bertanya pada sang ahli tapi hanya mencoba mencari taunya melalui internet .

   aku selalu merasa cemas pada hal hal yang sebenarmya tidak mungkin aku lakukan, tapi tetap saja aku memikirkannya dan membuat aku khawatir.  Tidak bisa aku ceritakan apa saja yang selalu kupikirkan pokoknya mengerikan mungkin kamupun tak akan tahan , terkadang aku selalu merasa takut saat pikiran itu mulai datang rasanya gak mau keluar rumah mau duduk manis aja didalem .

   contohnya ketika didaerah rumah ku sedang booming  kejahatan begal dimana mana , hampir setiap artikel membahas kengerian yang dilakukan pelaku dan berita di tv pun seperti itu dan itu menggangu aku tiap malam mengganggu pikiran ku dan mengganggu hidupku

   setiap malam aku ketakutan berpikir ini dan itu pernah aku menangis sangking merasa takutnya, aku gak mau keluar rumah habis maghrib gak mau disuruh ke warung kalau malam dan gak mau pergi ke alfamart juga padahal masih dibawah jam 9 malam .
   emangnya kamu doang yang pikir ini lebay aku juga berfikir kayak gitu. benar benar lebay tapi pikiran ku terus menggila makin bercabang berfantasi liar, aku seperti ditakuti oleh pikiran ku sendiri.

   Tidak cuman itu pokoknya aku bisa memikirkan hal hal yang negatif datang dan mambuat aku merasa cemas. Harus berhati hati dalam melakukan sesuatu agar tidak terjadi seperti apa yang kupikirkan. kalau aku ceritakan kamu pasti bilang lebay tapi kamu juga tidak mengerti aku pun tidak mau seperti ini . siapa yang mau hidup dalam rasa takut ?

Tidak cuman dalam pikiran beberapa artikel yang kubaca  juga menyebutkan orang yang mengalami ini kadang melakukan tindakan yang konyol seperti ; mencuci tangan berulang ulang , mengecek pintu sudah dikunci atau belum berkali kali , membasahi bibir setiap terasa kering atau melakukan hal hal yang berulang. Aku melakukannya, aku membuka mulut ku setiap beberapa menit atau menggoyangkan kepala ku. Aku tidak tau kenapa aku melakukannya, hanya rasanya tidak enak kalo tidak melakukan itu. aku capek tapi sulit untuk menahan diri tidak melakukan itu :(. Setelah dipikir pikir gangguan seperti ini sudah aku alami sejak smk, bedanya dulu aku belum terlalu paham

   aku selalu menghindari melakukan hal itu didepan teman teman ku, didepan mamah dan di depan keluargaku. malu rasanya kalau sampai ketahuan nanti mereka pasti bertanya dan aku malas menjawabnya . Pernah ada temanku yang menyadari keanehan itu dia menegurku dan bertanya jawabanku hanya tersenyum dan mengutuk diri . " oh, damn ketauan "

   Jadi terkadang aku hanya melakukannya ketika sedang sendiri dan bisa lupa kalau aku sedang banyak kegiatan jadi sibuk adalah cara ku mengalihkan hal konyol ini tapi sialnya aku bukan orang sibuk :(

   Terkadang aku wudhu dua kali karena takut ada yang kelewat belum aku basuh, kadang juga sholat diulang, matiin kompor padahal sudah aku mati kan tapi hanya untuk memastikan bahwa itu benar benar mati aku mengeceknya lagi. ketidakyakinan dan keragu raguan yang membuat aku harus mengeceknya lagi , mengulangnya lagi hingga semuanya benar aku baru bisa tenang .

   Dari yang aku baca ini adalah sebuah penyakit psikologi  yang bisa sembuh karena dari niat serta usaha pada orang yang mengalaminya. menemukan kenyataan ini membuat aku merasa bertanya tanya apakah benar aku salah satu dari mereka yang mengalami ini, aku tidak ingin bilang iyah tapi apa yang kubaca seperti aku membaca cerita diriku sendiri. Sedikit lega ternyata aku tidak sendirian ada beberapa orang didunia ini yang merasakannya juga dan ada beberapa yang sembuh .

   Aku memang membiasakan diriku untuk tidak percaya hanya pada satu sumber atau artikel, jadi 
aku membaca banyak sumber, termasuk dari blog kakak ini ( klik ) sedikit lega dan mendapatkan motivasi untuk terus berusaha dan semangat untuk sembuh, hidup dalam kecemasan dan pikiran yang membuat kamu takut bahkan pada hal yang sepele sungguh aku tidak main main mau gila rasanya. kamu boleh bilang lebay tapi kamu gak mengalami ini

jadi bersyukurlah ...

You May Also Like

0 komentar

ayo berikan komentar :)