Pengalaman kerja jadi checker book selama 3 bulan

by - 19.56


Gua mau ceritain pengalaman pertama kali gw dapet kerja partime, yang mana itu diawal bulan februari ketika gua lagi mau persiapan skripsian, jadi gua kerja paruh waktu selama 3 bulan yah dari maret sampai akhir mei. Cerita ini sebenarnya udah gua tulis dan harusnya udah di post dari kapan tauk, tapi tiba tiba gua lupa ngesavenya dimana, gua sih yakinnya tulisan itu tiba tiba ilang. Jadi males banget deh gua nulis ulang dan sekarang gua mau cobak nulis lagi. Sama satu kemungkinan lagi yaitu ternyata gua sebenarnya belum nulis tapi berhalusinasi kayak udah nulis. Yah intinya tulisannya sekarang gak ada.

Cerita itu dimulai ketika gua nge-follow akun semacam info loker gitu di instagram, social media paling hitz jaman now, di akun tersebut tanda loncengnya gua aktifin, jadi kalo tuh akun ngepost gua langsung tau. Malam itu atau sore itu gua lupa, yah pokoknya sore ke malem lah tetiba hape gua bunyi notification dari akun loker itu, gua buka dah tuh seeet… ternyata ada salah satu perusahaan penerbit buku butuh pegawai, gua baca persyaratannya ternyata cocok sama gua yang masih anak kuliahan butuh pengalaman kerja,  masalahnya gua gak tau ini jenis pekerjaan apa, di google pun sedikit yang bahas, malahan gua gak nemu satu postingan pun yang menceritakan jelas tentang jenis pekerjaan ini. Jadi postingan kali ini siapa tau ada manfaat buat kamu yang mau tau kerjaan macem apa sih CHECKER/DISPLAYER BOOK itu.

Pada saat itu walau gua gak sepenuhnya tau ini kerjaan macem apa, tapi gua mencoba memberanikan diri gua buat apply pekerjaan ini, sampe keringet dingin, tangan gemeteran jantung kembang kempis, mulut tetep komat kamit. Well,  if you think that I am too much. Then I just want to tell you that was my first time being job seeker.  Gua gak pernah kerja , jadi yaaaahhh that was literally my first time. Padahal keterima aja belum tentu, baru mau ngirim lamaran doang coy. Ampun dagh.

Singkat cerita gua di hubungin dagh tuh ama bapak bapak dari perusahaan buku itu, minta interview kapan nih bisanya, gitu ceunah. Tapi, pada saat itu gua gak bisa dateng dan minta reschedule dan bisa. Yaudah gua dateng buat interview, jauh amat dagh coy janjian interviewnya -..-.

Gua ketemuan sama si bapak ini, dia ceritain gimana prosedur kerjanya dan menanyakan beberapa pertanyaan basa basi macem, jauh gak? udah makan apa belum?.  

Jadi setelah gua mengenal lebih dalam, perusahaan buku ini belum termasuk besar, namanya juga belum seterkenal itu tapi mereka sedang mencoba berkembang dan tidak lama lagi akan menjadi penerbit buku yang jaya, hits dan sukses abiz (anzaaay bisa ae nih mantan pegawai).

Jadi yang gua tau setelah mencoba bekerja,  CHECKER/DISPLAYER BOOK itu adalah orang yang nge-cekin buku buku yang diproduksi si penerbit untuk memastikan bahwa produk bukunya ditempatkan di tempat yang menunjang angka penjualan. Lu pernah kan beli buku di gramedia, gak beli setidaknya pernahlah masuk gramedia, nah buku buku yang lu liat itu ditaro di rak-rak yang mana udah di atur sama pihak pegawai gramedia daerah tersebut, buku di rak paling atas adalah buku buku yang angka penjualannya bagus, atau rak paling bawah yang kurang bagus. itu semua udah ada aturannya. 

Perusahaan penerbitan buku itu banyak banget guys jumlahnya, dan masuk gramedia juga butuh persaingan, bagi penerbitan baru atau penerbit yang lagi berusaha untuk berkembang, penempatan buku itu berpengaruh banget sama angka penjualan. Beda sama yang udah terkenal, yang udah biasa bukunya hasil dari penulis yang udah terkenal juga, ditaro dibawah juga tuh buku bakalan dicariin sama pelanggan.  Setiap penerbitan punya orang yang tiap seminggu sekali atau tiap hari dateng ke gramedia buat mastiin bahwa produk bukunya tetep di rak atas nah itu biasa disebut si CHECKER, kerjanya nge lobby pegawai gramedia biar bukunya tetep diatas. Atau ditempat yang eye catching pelanggan. Dan itu gak semudah minta izin murid pergi ke toilet. Lu harus pintar pintar berbicara, nge-lobby dan jangan malu.

Biasanya setiap penerbit punya CHECKER BOOK itu tadinya mantan pegawai gramedia yang udah abis kontrak, biasanya loh yah, beda cerita kayak gua yang bener bener baru banget. kebayangkan, karena dia mantan pegawai gramedia, dia udah kenal orang gramednya dan udah ngerti cara kerjanya, lebih asik sesame cowo enak nge-lobbynya. Sedangkan gua pada saat itu bener bener GAK TAU HARUS BERBUAT APA!.

Pertama hari kerja, gua cuman disuru dateng dan nge-checkin buku buku produk mereka ada dimana aja letaknya, dengan pengarahan kerja yang di sampaikan lewat whatsapp gua dan kepercayaan diri serta keberanian diri yang keberadaannya kaya ada dan tiada gitu alias kadang berani kadang takut, datang ke salah satu gramedia tangerang.

Senyum ramah, jabat tangan dan memperkenalkan diri ke hamper seluruh pegawai disana (dan setelah gua tau ternyata baru gua seorang checker yang melakukan itu, malu ya rabb L) maklum anak baru, kudu sopan ama yang lama biar kagak dipalak.

Gua kira cuman sekedar nge- checkin buku dari penerbit ini gampang dong, tau nya gua kewalahan nyari buku buku mereka, gua muter muter di rak satu, pindah ke rak 2, pindah ke rak tengah, ampe muter lebih 7 kali mah, gua gak nemu satu pun bukunya. Aduh bego mau nangis gua udah puyeng muter. Itu gua baru disuru nyari bukunya doang belum disuru nge-lobby padahal, zzzzzzz. (kebetulan ditempat itu komputernya agak somplak jadi gabisa ngelacak keberadaan buku, yang mana seharusnya bisa yah guys. Jadi kalo nyari buku lewat computer)

Gua nyerah dan minta tolong pegawai di situ kan, gak semua pegawai gramed baik mau bantuin seorang checker, Karena sejatinya mereka capek sama checker yang kerjaannya suka mindahin buku sembarangan tanpa izin, jadi kebayang kan banyak yang mukanya asem asem pas gua sapa. Oiyah guys ini penting, kenapa mereka kesal sama checker. Jadi, kita ini kan tugasnya ngelobby yah biar buku kita ga ditempatin paling bawah, nah mendapatkan izinnya itu gak mudah, kadang ada checker yang gak dapet izin buat mindahin bukunya keatas, dengan terpaksa memindahkan sendiri bukunya diam diam tanpa izin. Jadi yang kena omel dan capek beresinnya si pegawai gramed tersebut. Wajar aja pegawai gramed kalo denger “ hai, saya checker dari ………………” kadang udah asem duluan, padahal mau ngasih cokelat. Cieee boong deh.

Balik lagi kecerita gua, jadi gua minta tolong kan tuh ke si mbak mbak. Di bantuin dah tuh dengan agak ogah ogahan nyari buku dari penerbit gua. Dan widih ajib kayak apal semua buku yang ada, takjub sih gua, secara buku itu kan banyak yah. 

Pas udah ketemu buku bukunya ternyata setelah gua lihat posisi buku nya terletak dibawah rak dan itu gak eye catching banget, gua mulai memberanikan diri untuk melobby dan meminta izin biar tuh buku naik ke rak atas, udah dengan sopan banget gua minta izin udah pastilah………. gak diizinin !. hari itu juga gua kebetulan ketemu super visor di toko itu, yaBuset dagh, jutek amat pak. Doi liatin penampilan gua dari atas sampe bawah gitu, kayak takut gua bikin rusuh di tokonya. Mungkin juga doi aga heran karena jarang checker itu cewek biasanya cowok.

Hari itu, gua bilang ke atasan gua bahwa gua gak berhasil melobby pegawai sana buat mindahin buku ketempat yang lebih layak. Gua keluar gramedia dengan muka yang kecewa terus duduk dibangku kosong kebetulan didepan penjual es, gak beli ngasih tau aja ada tukang es disana. Terus gua duduk dan buka hape nge-chat temen gua berniat mau curhat ceritain kejadian tadi. Gitu aja curhat gua mah haha.

Besokannya gua dateng lagi ke gramedia tapi ini beda tempat yang penting masih di kota tangerang. Nah gitu jadi kerjaan gua megang gramedia tangerang dan di tangerang ada sekitar 6 gramedia dan 2 gunung agung. Setiap harinya gua pindah gramedia kerjaan gua gitu, yang utamanya mastiin produk buku dari penerbit gua ditempatin di posisi yang bagus dan eye-catching pelanggan, kalo belum bagus gua harus nge-lobby lagi. Kadang ada tugas tambahan dari atasan gua, macem nawarin promosi ke supervisor atau yaaah ngapain kek.  Oiyah ngobrol ngobrol bareng pegawai gramed juga adalah salah satu pekerjaan gua, biar gua keliatan akrabnya jadi besok besok kalo minta izin mindahin buku dapet izin, kan udah ngobrol. Hehe

Masalah gaji gua akui kecil banget gak nutup bensin juga, tapi gua seneng dapet kesempatan kerja disitu. Gua dapet pelajaran dan pengalaman yang seru, setiap gramedia masalah yang gua hadapi beda beda. Ada yang supervisornya galak, ada yang pegawai ngeselin, ada yang pegawainya pelit, ada yang jutek dll. Tapi itu menjadi tantangan buat gua gimana caranya gua bisa ambil hati mereka. Gua juga bersaing sama checker dari penerbit lain yang bukunya sama sama mau di rak –atas atau ditempat yang bagus. Sering juga gua ngeluh karena jarak gramedianya yang jauh jauh dari rumah gua.

Selain dapet pengalam kerja, ternyata gua kerja sama penerbit yang isinya orang orang ramah banget, mau memaklumi dan membimbing gua kalo melakukan kesalahan dan mau nerima atau setidaknya dengerin pendapat dari bocah ingusan macem gue, Karena kebaikan mereka gua yang digaji kecil kayak gini jadi mau berusaha buat membantu mereka memajukan perusahaan, padahal gua cuman anak partime-an yang kontraknya abis cuman 3 bulan doang, ditawarin lanjut malah nolak karena udah mulai sibuk skripsi. Sombong gitu gua.



Salah satu pelajaran juga buat gua jika kelak gua memiliki sebuah perusahaan sendiri, bahwa memakmurkan pegawai itu juga penting agar kinerjanya baik dan mungkin mereka jadi ingin bertekad memajukan perusahaan (kayak gua dulu). Perusahaan maju kan yang enak ownernya juga toh.

Dan gara gara ini juga gua tau sekarang, toko buku banyak sepinya daripada ramainya, apalagi sekarang banyak pdf pdf gratis bertebaran, jadi orang kadang males juga belinya kalo ada yang gratis buat apa. (ini khusus di kota yang gua pegang aja yah gak tau kalo yang lan.)

Jadi gitu deh guys pengalaman singkat gua. Hehehehe ….. kalo aja dulu pas gua masih kerja setiap harinya gua nge blog yah, pasti bakal seru banget buat diceritain (udah yakin gitu seru).

Sampai jumpa di postingan selanjutnya  J

You May Also Like

0 komentar

ayo berikan komentar :)